Selasa, 12 Juli 2016

26 Tempat Wisata Terbaik di Pati Jawa Tengah

Pati adalah sebuah Daerah di Provinsi Jawa Tengah. Ibukotanya adalah Pati. Daerah ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Rembang di timur, Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan di selatan, serta Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara di barat. Kabupaten ini terkenal dengan semboyan Pati Bumi Mina Tani.

Pati sendiri merupakan sebuah daerah yang mempunyai segudang tempat wisata yang sangat indah diantaranya seperti wisata alam, wisata pantai serta wisata sejarah semua ada di Pati, jika anda ingin berlibur disinilah tempat yang cocok, dijamin anda tidak akan kecewa apalagi jika anda berkunjung dengan sanak saudara, pasangan maupun keluarga dijamin pasti liburan kalian akan lebih menyenangkan.

Berikut 26 daftar Tempat Wisata Terbaik di Pati yang wajib harus anda kunjungi jika anda sedang berkunjung ke Pati.


1. Pantai Banyutowo



Pantai Banyutowo terdapat di Desa Banyutowo, Tayu. Daerah ini berbatasan dengan Kabupaten jepara, serta berdekatan juga dengan beberapa obyek wisata di Jepara seperti Benteng Portugis dan Pulau Mandalika. Pantai ini menawarkan pantai dengan ombak sedang dan sejuknya angin laut dari bibir pantainya. Di sini, kamu bisa menikmati panorama pantai nan asri serta dermaga tempat merapatnya perahu nelayan. Beberapa kali dalam setahun, pantai ini juga menjadi tempat berlangsungnya ritual sedekah laut. Kala senja, nikmati pemandangan siluet dari kapal-kapal nelayan yang merapat di sini sambil menanti matahari tenggelam.

2. Hutan Mangrove Pantai Sambilawang



Hutan Mangrove Pantai Sambilawang merupakan wisata pinggir pantai yang menawan. Disana kita bisa melihat matahari terbit dari balik hutan bakau atau memancing ikan di sungai. Pantai di Desa Sambilawang, Kecamatan Trangkil, Pati, saat ini menjadi jujugan para pegunjung untuk menikmati keindahan pantai lepas di pesisir utara Kabupaten Pati. Tak ayal, pantai itu menjadi destinasi wisata baru di Pati. Tak sekadar menyuguhkan satu panorama pesisir yang memukau, Pantai Sambilawang bisa dijadikan wisata edukasi, karena tanaman mangrove tumbuh subur di sana. Ribuan tanaman mangrove yang menjadi sabuk pantai hidup di pesisir seluas 8 hektare.

3. Air Terjun Tadah Hujan



Air terjun Tadah Hujan memiliki tinggi sekitar 75 meter. tempat wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Namun jika anda menginginkan suasana yang sunyi, dengan pemandangan alam yang elok. Air Terjun Tadah Hujan terletak di pegunungan Kendeng Kecamatan Sukolilo yang berbatasan dengan Kabupaten Grobogan. Air Terjun Tadah Hujan memiliki air jernih yang langsung dari hujan dan resapan tanah perbukitan. Disini anda bisa menikmati pemandangan sambil mandi dibawah derasnya air terjun yang jatuh dari atas.

4. Air Terjun Santi



Air Terjun Santi Berada di lereng gunung Muria tepatnya berada di desa Gunungsari kecamatan Tlogowungu, Pati. Air terjun kecil ini terbagi menjadi dua kelompok yang pertama dinamakan "Tretes" letaknya di sebelah bawah di sisi sungai. Air terjun kedua dinamakan "Jenar" letaknya di sebelah atas. Air terjun yang kedua ini lebih besar dan tinggi daripada air terjun yang pertama. Untuk bisa mencapainya Anda harus berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh kurang lebih 500 meter. Biasanya jalur yang dilewati dukuh santi desa Gunungsari atau bisa juga melalui jalur selatan yang akan melewati dukuh jentir desa Tajungsari. Kondisi seperti ini membuat objek wisata ini masih belum dikelola dengan baik.

5. Air Terjun Tretes Tlogowungu



Air Terjun Tretes merupakan bagian dari air terjun santi. Air Terjun ini berada di Kecamatan Tlogowungu Kabupaten Pati. Lokasinya yang jauh dari perkampungan menyebabkan air terjun tersebut jarang terjamah manusia. Kalau boleh saya katakan, air terjun tretes masih alami alias masih perawan. Terletak di pada lereng gunung Muria di desa Gunungsari kecamatan Tlogowungu. Air tenjun kecil ini terdiri atas dua kelompok yang pertama dinamakan "Tretes" terletak di sebelah bawah di sisi sungai. Air terjun kedua dinamakan "Jenar" terletak di sebelah atas. Air terjun kedua ini lebih besar dan tinggi daripada air terjun yang pertama.

6. Air Terjun Grenjengan Sewu



Air Terjun Grenjengan Sewu ini terletak di desa Jrahi, Kecamatan Gunung Wungkal, Kabupaten Pati. Cukup jauh memang jika di tempuh dari pusat kota Pati. Untuk menuju ke sana kita bisa menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat Kota Pati. Dari kota Pati, anda bisa ambil arah ke Tayu atau Jepara. Setelah itu lihat papan penunjuk arah dan ambil arah ke Gunung Wungkal dan anda teruskan ke Desa Jrahi dengan mengikuti papan penunjuk arah. Ketinggian air terjun ini sekitar 25 meter dan berada di ketinggian 485 meter di atas permukaan air laut. Sepertinya tak banyak orang yang tahu tentang air terjun ini.  Ini semua terbukti dengan suasana Air Terjun yang sepi. 

7. Air Terjun Grenjengan Jolong 



Air Terjun Grenjengan Jolong Pati terletak di kawasan kebun jollong pati. Lokasinya sendiri berada tepat dibawah Objek Wisata Kebun Jollong. Berbeda dengan air terjun lain yang berada di wilayah pati, air terjun ini sudah terkelola dengan baik. Jolong terkenal sebagai perkebunan kopi dan bumi perkemahan, lokasi ini berada di kecamatan Gembong kabupaten pati. Jolong ternyata mempunyai tempat wisata alam yang jarang di ketahui orang yaitu Air terjun Grenjengan. Di sepanjang jalan kita di suguhi pemandangan alam yang masih sangat asri, sampai di lokasi air terjun grenjengan kita juga bisa bermain di sungai yang berada di depan lokasi air terjun grenjengan.

8. Air Terjun Selonatah



Air Terjun Selonatah a.k.a Air Terjun Grudo adalah air terjun 5 deret yang berada di selatan kota pati. Air terjun ini baru terekspose oleh media setelah ada nettizen yang mengunggah foto air terjun di facebook. Sejak itulah air terjun ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota. Meskipun berada di kecamatan winong, air terjun grudo ini justru berdekatan dengan kecamatan tambakromo. Akses jalan untuk menuju lokasi air terjun juga sangat mulus jika lewat jalur ini. Untuk rutenya sendiri bisa melalui Kecamatan Tambakromo - Dukuh Gayam - Desa Pohgading kemudian baru masuk ke Dukuh Selonatah. Ketika sampai di Dukuh Selonatah, kita masih harus melewati kebun jagung milik warga setempat untuk sampai ke lokasi.

9. Pulau Seprapat Juwana



Pulau Sprapat adalah sebuah pulau kecil di sebelah utara TPI Juwana. Pulau tersebut merupakan pulau buatan yang dibangun pada masa penjajahan belanda. Tempatnya lumayan asri karena banyak pohon rindang yang tumbuh disana. Meski pulau ini diliputi dengan mitos, misteri, dan legenda yang ada pada zaman Majapahit, tetapi saat ini pulau Seprapat mulai banyak dikunjungi wisatawan. Pemandangan di Pulau Seprapat sangatlah indah dan alami dengan pohon-pohon tua yang cukup rindang, sehingga cocok dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga. Di tengah-tengahnya Pulau Seprapat ini, terdapat sebuah makam berbentuk musholla yang dibangun oleh warga setempat.

10. Gua Pancur



Gua Pancur adalah gua alam yang terletak di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Goa ini memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang ada di sepanjang goa. Namun yang perlu anda ketahui bahwa di dalam goa ini juga terdapat aliran sungai yang kedalamannya bisa sepinggang orang dewasa. Oleh karena itu apabila anda akan menyusuri goa ini anda harus berhati-hati. Anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata lokal agar dapat menunjukkan jalan yang aman serta dapat menceritakan berbagai hal yang ada seputar Goa Pancur ini.

11. Gua Wareh



Wareh adalah nama sebuah gua kecil yang berada di kaki perbukitan Pegunungan Kapur Utara, tepatnya terletak di Desa Kedumulyo Kec. Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Berjarak sekitar 15 kilometer arah selatan Kota Pati. Meski hanyalah sebuah gua kecil dengan panjang yang tidak lebih dari 200 meter, tapi goa ini mempunyai mitos yang sangat lekat di mata penduduk sekitar. Air yang mengalir dari dalam gua ini menjadi salah satu sumber air utama bagi warga setempat dan desa sekitarnya. Baik digunakan untuk kebutuhan sehari-hari maupun pengairan sawah dan ladang.

12. Waduk Gunung Rowo



Waduk Gunung Rowo merupakan sebuah waduk yang terletak di lereng Guung Muria sebelah timur yang masih dalam wilayah Kabupaten Pati. Sama seperti waduk pada umumnya, Waduk Gunung Rowo memiliki fungsi untuk sarana irigasi bagi sawah-sawah di sekitarnya. Namun karena keindahannya, waduk ini banyak dikunjungi warga masyarakat Pati sebagai tempat wisata yang menarik. Pengunjung banyak berdatangan ke Waduk Gunung Rowo terutama pada Hari Minggu da hari libur lainnya. Di lokasi wisata ini pengunjung dapat menikmati keindahan Waduk Gunung Rowo yang disekitarnya dikelilingi hutan dari gazebo-gazebo yang telah disediakan. 

13. Waduk Seloromo



Waduk Seloromo ini terletak tidak jauh dari Waduk Gunung Rowo. Waduk Seloromo juga memiliki pemandangan yang tak kalah menarik dibanding Waduk Gunung Rowo. Maka tak heran apabila di tempat ini sering dijadikan sebagai obyek bagi penggemar dunia fotografi. Waduk sering dijadikan tempat preweding dan plesiran wisatawan. Lokasinya yang menawan sering dijadikan ajang fotografi para pecinta seni alam karena tempat ini memang terkenal dengan keindahanya yang luar biasa.

14. Wisata Klating Pucakwangi


Wisata Alam Klating Pucakwangi adalah sebuah nama sungai yang ada di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Sungai klating merupakan salah satu sungai paling menakjubkan yang ada di kota pati karena memiliki undakan layaknya air terjun bertingkat. Jika kebanyakan sungai yang ada berada di dataran rendah, kali klating justru berada di dataran tinggi yaitu diatas pegunungan kendeng.

15. Kebun Kopi Jolong


Perkebunan kopi di Desa Jolong, Kecamatan Gembong menjadi sentra atau pusat penghasil kopi terbesar di Pati. Objek wisata ini sangat alami karena jauh dari polusi udara. Terlebih, banyak bangunan khas Belanda bisa ditemukan di sini. Dengan pengunjung sekitar 7,4 ribu orang setiap tahun, lokasi yang asri, hijau dan teduh. Kebun Jollong Pati awalnya adalah sebuah kawasan perkebunan kopi. Namun saat ini kawasan ini telah berubah menjadi objek wisata menakjubkan yang berada diatas pegunungan. Lokasinya sendiri berada di jajaran gunung muria. Karena udaranya yang sejuk, agrowisata kebun jollong sering dimanfaatkan sebagai tempat camping favourite anak muda kota pati.

16. Bumi Perkemahan Regaloh


Bumi Perkemahan Regaloh memberikan suasana khas hutan dengan banyak pepohonan yang sangat asri. Di tempat ini serig digunakan sebagai lokasi kemah atau camping. Selain itu pada hari-hari biasa dapat digunakan sebagai tempat nongkrong khususnya bagi warga Pati sendiri yang ingin menikmati suasana hutan yang sejuk. Selain suasananya yang nyaman, Bumi Perkemahan Regaloh juga sudah dilengkapi dengan beberapa permainan seperti flying fox, ayunan dan juga gazebo untuk duduk-duduk santai. Selain digunakan untuk camping, kawasan ini juga sering digunakan sebagai tempat mengadakan pertemuan. Namun yang memikat pengunjung sebenernya adalah budidaya ulat sutera sebagai penghasil kain sutera terbaik dunia.

17. Desa Wisata Pemancingan Talun


Desa Wisata Pemancingan Talun konsepnya sederhana. Sebuah desa diubah menjadi semacam puluhan tambak dengan rumah makan sederhana lesehan hingga menjadi obyek wisata di Pati yang paling banyak dikunjungi. Lokasinya berada di alamat Desa Talun, Kecamatan Kayen. Cukup jauh dari jalur jalan raya. Justru itulah sensasi menggelar traveling di sini. Dalam setahun, kawasan ini dikunjungi sekitar 36 ribu orang dari berbagai daerah untuk mencicipi segarnya ikan tawar yang baru saja dipancing. Tempat wisata pemancingan yang sederhana ini menempati peringkat 5.

18. Situs Candi Kayen


Situs Candi Kayen merupakan cagar budaya di kabupaten pati. Candi kayen berada di tengah persawahan yang tidak begitu padat penduduk. Lima tahun belakangan candi tersebut menjadi pusat penelitian sebuah universitas terkemuka di Jawa Tengah. Situs Candi Kayen ditemukan tak lama oleh warga setempat yang kemudian selalu diekskavasi Balai Arkeologi Yogyakarta setiap tahun. Sebagai situs yang diyakini peninggalan leluhur manusia Nusantara pada zaman Hindu-Buddha kuno, tempat ini dikunjungi sekitar 4,5 ribu orang setiap tahun. Peninggalan yang diyakini pada masa peradaban Hindu-Buddha kuno ini menjadi objek wisata di Pati terpopuler ke-18.

19. Pintu Gerbang Majapahit


Pintu Gerbang Majapahit merupakan situs peninggalan cagar budaya purbakala Pati. Untuk itu, wisata sejarah ini tidak akan membuat anda kecewa, karena anda bisa menemukan gerbang utama dari Kerajaan Majapahit.Gerbang Majapahit ini merupakan bukti sejarah adanya sistem pemerintahan pada masa lampau di wilayah pati. Konon kabarnya orang yang melewati gerbang tersebut akan dibawa ke masa kerajaan majapahit dan tidak bisa kembali. Untuk menjaga keaslian cagar budaya tersebut, warga asli memasang pagar pembatas yang hanya bisa dibuka oleh sang juru kunci.

20. Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri


Genuk Kemiri diyakini pemerintah dan masyarakat Pati sebagai petilasan kadipaten Pati yang pertama kali dibangun. Lagi-lagi, unsur mistis, mitos dan legenda yang menyejarah menjadi bagian penting dalam obyek wisata genuk kemiri. Setiap tahun, tempat bersejarah di Pati itu dikunjungi sekitar 19,5 ribu orang, terpaut tipis dengan wisata pintu gerbang majapahit sehingga peringkatnya ke-8. Lokasinya berada di Dukuh Kemiri, Desa Sarirejo, Kecamatan Pati Kota.

21. Vihara Gunungwungkal


Vihara Saddaghiri merupakan wihara termegah di kabupaten pati. Lokasinya yang berada di pedalaman tak mengurangi minat wisatawan untuk melihat vihara termegah di Jawa tengah dari jarak dekat. Karena bentuknya yang unik, vihara ini sering dijadikan sebagai tempat foto favourite.

22. Kran Air Raksasa Melayang 


Pati telah lama dikenal sebagai Kota Seribu Paranormal. Hal ini rupanya bukan omong kosong saja. Terbukti ada sebuah icon kota pati yang menggambarkan akan hal ini yaitu Kran Melayang di pinggir kota. Kran air raksasa melayang di pinggir kota ini bukanlah hasil aktifitas sihir melainkan sebuah implementasi dari ilmu terapan yang mempesona.

23. Lorodan Semar 


Lorodan Semar merupakan wisata alam yang mirip dengan prosotan di waterboom. Disana pengunjung bisa bermain air sambil lorodan layaknya wahana air di Wisata Bahari Lamongan. Bedanya lorodan semar terbentuk secara alami oleh alam sedangkan WBL dibuat oleh manusia.

24. Pati Night Carnival


Event ini menjadi salah satu agenda tahunan di Pati yang menjadi wadah bagi para seniman di Pati. Biasanya, batik khas Pati seperti bakaran selalu menjadi suguhan utama dalam perhelatan akbar Pati Night Carnival. Setiap tahun, acara ini berhasil merebut pengunjung sekitar 3,2 ribu orang. Event yang menjadi pameran bagi karya atau produk mahakarya manusia Pati ini menempati posisi ke-20.

25. Sendang Sani


Sendang Sani juga merupakan salah satu icon kota pati yang patut dibanggakan. Disana anda bisa melihat sebuah sendang kecil yang terus mengeluarkan air. Konon kabarnya di dalam sendang tersebut terdapat sebuah bulus yang berumur ratusan tahun. Namun saat tim video arsip datang kesana, kami tidak menjumpai bulus yang dimaksud. Di dekat sendang juga terdapat kolam renang yang sering digunakan warga kota pati untuk berlatih berenang. Tempat wisata sendang sani ini terkelola dengan baik sehingga untuk masuk ke objek wisata tersebut kita dikenai tiket masuk.

26. Juwana Water Fantasy (JWF)


Juwana Water Fantasy (JWF) merupakan wisata air (water boom) terbaru yang dimiliki Pati. JWF memiliki beberapa aneka macam wahana yang bisa anda mainkan, seperti kolam renang dewasa, kolam renang anak dan aneka macam permainan lainnya. Saat ini ada 35 wahana yang sudah dibangun dan kemungkinan akan terus bertambah. Juwana Water Fantasy Lokasinya berada di Kecamatan Juwana. Wahana bermain air ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta. Sedangkan bentuk bangunan Juwana Water Fantasy ini terinspirasi dari Tembok Benteng Eropa.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar